Peramalan Jumlah Pengunjung Minang Fantasi (Mifan) Water Park Kota Padang Panjang Menggunakan Metode Exponential Smoothing Holt Winters

Efendi, Dhea Mahatri (2023) Peramalan Jumlah Pengunjung Minang Fantasi (Mifan) Water Park Kota Padang Panjang Menggunakan Metode Exponential Smoothing Holt Winters. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_DHEA_MAHATRI_EFENDI_19037019_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Minang Fantasi (Mifan) Water Park Kota Padang Panjang merupakan objek wisata yang banyak dikunjungi. Terjadinya Covid-19 menyebabkan penurunan jumlah pengunjung. Setelah Covid-19 berakhir, Dinas Pariwisata perlu solusi dalam mengambil keputusan untuk menentukan langkah-langkah perencanaan dan antisipasi dalam meningkatkan jumlah pengunjung ke Mifan Water Park Kota Padang Panjang. Metode peramalan yang tepat untuk permasalahan ini adalah metode Exponential Smoothing Holt Winters. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Padang Panjang. Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi data, menentukan parameter penghalusan, menentukan nilai smoothing awal, menghitung nilai penghalusan, menentukan model terbaik dan selanjutnya meramalkan data jumlah pengunjung berdasarkan model terbaik. Hasil penelitian yang dilakukan didapatkan model yang terbaik adalah Metode Exponential Smoothing Holt Winters model Multiplikatif dengan persamaan sebagai berikut: F_(120+n)= (6.260,67+(n×502,35) I_(t-l+n) Hasil ramalan jumlah pengunjung Mifan Water Park Kota Padang Panjang pada tahun 2022-2023 memperlihatkan bahwa jumlah pengunjung yang paling banyak diperkirakan terjadi pada minggu pertama bulan Januari. Sementara itu, jumlah pengunjung paling sedikit terjadi pada minggu pertama bulan November.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitri, FadhilahUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorVionanda, DodiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:22
Last Modified: 29 Aug 2023 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46171

Actions (login required)

View Item View Item