Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Intervensi Musik Terapi untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Belajar

Tiro, Yurita (2023) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Intervensi Musik Terapi untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Belajar. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_YURITA_TIRO_20151046_239_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri siswa yang rendah sangat berpengaruh dan menentukan keberhasilan siswa dalam belajar serta kelangsungan hidupnya. Siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah dapat diketahui dari tingkah laku siswa dalam belajar, diantaranya adanya siswa mengeluh saat guru memberikan pertanyaan, badan bergetar, banyak diam saat dalam kegiatan pembelajaran, tidak berani menyatakan pendapat, dan berusaha menarik diri dari lingkungan pergaulan tanpa mereka sadari akan memeberikan akibat bagi diri mereka dikemudian hari. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar adalah dengan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan intervensi musik terapi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment. Sampel penelitian ini sebanyak 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan penarikan sampel dengan teknik quota sampling. Instrumen penelitian yaitu angket dengan pengukuran menggunakan Skala Likert, data dianalisis dengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampels dengan bantuan SPSS versi 25.00. Hasil penelitian ini yakni menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok menggunakan intervensi musik terapi, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kepercayaan diri siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok, dan (3) terdapat perbedaan kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen yang diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan intervensi musik terapi dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan bimbingan kelompok tentang kepercayaan diri siswa tanpa perlakuan khusus. Berdasarkan uraian sebelumnya, dapat dipahami bahwa, layanan bimbingan kelompok menggunakan intervensi musik terapi efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarjohan, MarjohanUNSPECIFIED
CorrectorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Intervensi Musik Terapi dan Kepercayaan Diri.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:31
Last Modified: 29 Aug 2023 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46135

Actions (login required)

View Item View Item