Wulandari, Tri
(2023)
Efektivitas Konseling Kelompok menggunakan Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa.
Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Abstract
Kedisiplinan belajar siswa yang rendah menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pretasi belajar siswa menurun. Kedisiplinan belajar ialah sikap taat dan patuh terhadap suatu peraturan yang berlaku. Mengatur waktu belajar, rajin, memiliki perhatian yang baik saat belajar dan tertib merupakan bagian indikator kedisiplinan belajar siswa. Pendekatan Cognitive behavior therapy adalah salah satu pendekatan konseling yang bertujuan untuk mengubah pemahaman dan perilaku yang negatif, dalam rangka meningkatkan pemahaman dan perilaku siswa terhadap kedisiplinan belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kelompok cognitive behavior therapy untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan The Non Equivalent Control Group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Padang. Penentuan sampel penelitian menggunkan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang
digunakan yaitu skala kedisiplinan belajar siswa dengan model skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik nonparametrik yang menggunakan Wilcoxon Signef Ranks Test dan Kolmogrov- Smirnov Two Independent Samples dengan bantuan SPSS versi 20.00 Hasil penelitian menyatakan bahwa skor rata-rata pada kelompok eksperimen pretets 72,5 dan post-test 119 pada kelompok kontrol skor rata-rata pretest 59, 37 dan post-test 97,87. Selanjutnya untuk uji hipotesis diperoleh hasil Asymp. Sig (2-tailed) 0,004 yang berarti di bawah alpha 0,05 (0,004<0,05) dengan demikian dapat diartikan Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa konseling kelompok menggunakan pendekatan cognitive
behavior therapy efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |