Meningkatkan Kreativitas Berpendapat dan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 06 Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman

Al Muhayani, Suci (2023) Meningkatkan Kreativitas Berpendapat dan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 06 Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_SUCI_AL_MUHAYANI_18124051_2939_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas berpendapat peserta didik dan hasil belajar yang rendah pada pembelajaran tematik terpadu khususnya pada kelas V di SDN 06 Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman. Hal ini terlihat dari hasil observasi awal yang menunjukkan rendahnya kreativitas berpendapat dan rendahnya nilai PH tema 6. Permasalahan tersebut diatasi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas berpendapat dan hasil belajar peserta didik kelas V. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah penulis sebagai praktisi, guru kelas sebagai observer dan peserta didik kelas V SDN 06 Kampung Baru Padusunan yang berjumlah 21 orang siswa, yang terdiri 14 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, lembar penilaian pengamatan kreativitas berpendapat peserta didik dan tes berupa soal untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian siklus I pada perencanaan pembelajaran memperoleh ratarata 76,16% meningkat pada siklus II menjadi 84,72% selanjutnya juga meningkat pada siklus III menjadi 94,44%. Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru memperoleh rata-rata 70% meningkat pada siklus II menjadi 87,5% selanjutnya juga meningkat pada siklus III menjadi 93%. Pelaksanaan siklus I pada aktivitas peserta didik memperoleh rata-rata 66% meningkat pada siklus II menjadi 84% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 96%. Kreativitas berpendapat peserta didiki memperoleh rata-rata 75% pada siklus I dan meningkat menjadi 85,5% pada siklus II kemudian juga meningkat menjadi 90% pada siklus III. Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 73,01 meningkat pada siklus II menjadi 85,22 selanjutnya juga meningkat pada siklus III menjadi 92,92. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning di SDN 06 Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman dapat meningkatkan kreativitas berpendapat dan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatmariza, HUNSPECIFIED
CorrectorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:56
Last Modified: 29 Aug 2023 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46126

Actions (login required)

View Item View Item