Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas V SD Gugus III Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam

Andini, Selfi Rahmi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas V SD Gugus III Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_SELFI_RAHMI_ANDINI_21124023_2038_2023.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Pengaruh Model CRH Terhadap Motivasi dan Hasil Peserta Didik Kelas V SDN Gugus III Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk Quasi eksperiment design. Desain pada pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan kelas eksperimen di SD N 10 Kotobaru dan kelas kontrol di SD N 36 Sawah Rang Salayan dengan masing-masing peserta didik 14 orang. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas, homogenitas serta uji hipotesis uji t untuk hipotesis satu dan dua serta hipotesis tiga digunakan uji regresi, korelasi dan determinasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwasanya Ngain score motivasi belajar kelas eksperimen lebih signifikan dari pada kelas kontrol, yakni 62.8031% pada kelas eksperimen yang kategori cukup efektis dan 42.4694% pada kelas kontrol termasuk kategori kurang efektif. Ngain score hasil belajar kelas eksperimen sebesar 64.0061% (kategori cukup efektif) dan kelas kontrol 41.3105% (kategori kurang efektif), yang artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih signifikan daripada kelas kontrol. Pada hipotesis satu dari uji paired sample t-test tentang motivasi belajar diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < yang disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model crh terhadap motivasi belajar peserta didik pada pretest dan posttest eksperimen dan kontrol serta nilai r squarenya sebesar 37.8% yang artinya pengaruh model pembelajaran kooperatif Course Review Horay terhadap motivasi belajar. Perolehan uji paired sample t-test hasil belajar diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0.000 < 0.05, disimpulkan terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar peserta didik pada pretest dan posttest eksperimen dan kontrol serta nilai r square sebesar 32,7% yang mengandung pengertian bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif Course Review Horay terhadap hasil belajar. Pada hipotesis ketiga diketahui nilai sig. 000 < 0.005 artinya terdapat interaksi motivasi belajar dan hasil belajar dengan menggunakan model CRH, nilai korelasinya 0.613 termasuk hubungan yang kuat dan positif pada hubungan varibarel penelitian ini dan diperoleh nilai koefisien determinasinya 30.4% yang artinya persentase kemampuan variabel crh ini ialah 30.4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, Learning Motivation, Learning Outcomes, Thematic Integrated Learning
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:37
Last Modified: 28 Aug 2023 08:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46103

Actions (login required)

View Item View Item