Pengaruh Kegiatan Cooking Class terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Entrepreneur Anak di Taman Kanakkanak Nur Ikhlas Taram

Fitri, Rini Aulia (2023) Pengaruh Kegiatan Cooking Class terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Entrepreneur Anak di Taman Kanakkanak Nur Ikhlas Taram. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_RINI_AULIA_FITRI_20330075_2340_2023.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang terjadi di Taman Kanak - kanak Nur Ikhlas Taram. Dimana pembelajaran sains yang dilakukan tidak mampu menstimulasi aspek perkembangan sains dan sikap entrepreneur anak. Media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran belum bervariasi menjadi salah satu faktor yang menjadikan anak tidak mampu mengkomunikasikan apa yang diperoleh dalam kegiatan pembelajaran sains dan menstimulasi sikap entrepreneur anak, kurang kreatifnya guru dalam menyajikan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah kegiatan Cooking Class memberikan pengaruh terhadap keterampilan proses sains sederhana dan sikap entrepreneur pada anak di TK Nur Ikhlas Taram. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk Quasy Eksperimental Desing dengan metode pretest-posttest control group desing. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak TK Nur Ikhlas sekarang yang berjumlah 30 orang. Sampel berjumlah 30 orang anak yang dibagi ke dalam 15 orang anak di kelas eksperimen, 6 orang laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Dan 15 orang anak di kelas kontrol, 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Uji statistik yang digunakan adalah uji-t yaitu independen sample t test. Hasil penelitian diperoleh peningkatan sebesar 68,93% pada keterampilan prooses sains anak dan dinyatakan mengalami peningkatan secara signifikan. Dan diperoleh peningkatan sebesar 58,24% pada sikap entrepreneur anak, dan dinyatakan mengalami peningkatan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan Cooking Class terhadap keterampilan proses sains anak di TK Nur Ikhlas Taram dan terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan Cooking Class terhadap sikap entrepreneur anak di Taman Kanak-kanak Nur Ikhlas Taram.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHadiyanto, HadiyantoUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorMayar, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: cooking class, Keterampilan Proses sains, entrepreneur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:24
Last Modified: 28 Aug 2023 08:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46100

Actions (login required)

View Item View Item