Pengaruh ModelQuantum Teaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 08 Pulau Punjung Kab. Dharmasraya

Fitri, Ridha Ahsanul (2023) Pengaruh ModelQuantum Teaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 08 Pulau Punjung Kab. Dharmasraya. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_RIDHA_AHSANUL_FITRI_16124066_435_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perbedaan minat belajar siswa dengan menggunakan ModelQuantum Teaching dan menggunakan model pembelajaran konvensional dan 2) perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan ModelQuantum Teaching dan menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperiment.Populasinya adalah siswa kelas V SDN 08 Pulau Punjung Kab. Dharmasraya.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan didapat kelas VCSDN 08 Pulau Punjung sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang dan kelas VA SDN 08 Pulau Punjung sebagai kelas konrol dengan jumlah siswa 22 orang.Data penelitian dikumpulkan berupa minat dan hasil belajar siswa.Analisis data menggunakan uji-t Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan minat belajar siswa yang signifikan yang diajar menggunakan ModelQuantum Teaching dengan minat belajar siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional dengan nilai thitung = 4,5259 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 2,0189) dan (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan yang diajar menggunakan ModelQuantum Teaching dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional dengan nilai thitung = 2,0668 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 2,0189). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh ModelQuantum TeachingTerhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri Gugus 08 Pulau Punjung Kab. Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdnan, M. FachriUNSPECIFIED
CorrectorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
CorrectorMudjiran, MudjiranUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Quantum Teaching, Pembelajaran tematik, Minat belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:24
Last Modified: 28 Aug 2023 08:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46098

Actions (login required)

View Item View Item