“Kontribusi Pengetahuan Wirausaha dan Self Confidance terhadap Minat Berwirausaha Remaja Panti Asuhan Budi Luhur Takengon Aceh Tengah serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Sindala, Rezlan (2023) “Kontribusi Pengetahuan Wirausaha dan Self Confidance terhadap Minat Berwirausaha Remaja Panti Asuhan Budi Luhur Takengon Aceh Tengah serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_REZLAN_SINDALA_18151037_448_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lembaga panti asuhan memiliki salah satu peran dalam menumbuhkan minat berwirausaha pada remaja yang ada di panti asuhan, agar anak panti asuhan dapat mandiri dengan berwirausaha setelah tamat dari panti asuhan. Minat berwirausaha ditentukan oleh pengetahuan yang dimiliki individu. Selain itu, minat berwirausaha juga sangat ditentukan oleh kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan kontribusi pengetahuan wirausaha, self confidance dan minat berwirausaha remaja panti asuhan, (2) menguji kontribusi pengetahuan wirausaha terhadap minat berwirausaha remaja panti asuhan, (3) menguji kontribusi self confidance terhadap minat berwirausaha remaja panti asuhan, serta (4) menganalisis pengetahuan wirausaha dan self confidance secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha remaja panti asuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh remaja panti asuhan Budi Luhur dengan rentang usia 15 s/d 18 tahun yang berjumlah 86 orang dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian ini mengunakan model skala Likert, yaitu tentang kontribusi pengetahuan wirausaha, konformitas self confidance dan minat berwirausaha remaja. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif, kemudian menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linear ganda. Temuan penelitian menunjukkan hasil bahwa secara umum; 1) pengetahuan wirausaha remaja berada pada kategori tinggi, self confidance remaja berada pada kategori tinggi, dan minat berwirausaha remaja Panti Asuhan Budi Luhur berada berada pada kategori sangat tinggi 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan wirausaha dan self confidance secara bersama-sama berkontribusi signifikan terhadap minat berwirausaha remaja. Temuan ini diperoleh berdasarkan rangkaian analisis data bahwa koefisien regresi sebesar 0.727. koefisien regresi tersebut pada taraf cukup berarti, koefisien determinasi (R Square) pengetahuan wirausaha dan self confidance secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha remaja adalah sebesar 0,529. Artinya, kontribusi variabel pengetahuan wirausaha dan self confidance secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha remaja Panti Asuhan Budi Luhur sebesar 52,9%, sedangkan sisanya 47,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini berimplikasi sebagai tingkat minat berwirausaha dipengaruhi oleh, pengetahuan wirausaha dan self confidance yang keduanya adalah mewakili faktor eksternal dan internal.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsnah, Megaiswari BiranUNSPECIFIED
CorrectorMarjohan, MarjohanUNSPECIFIED
CorrectorNirwana, HermanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Wirausaha, Self Confidance, Minat Berwirausaha
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:59
Last Modified: 28 Aug 2023 07:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46097

Actions (login required)

View Item View Item