Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics (STEAM) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa di Kelas V Sekolah Dasar

Hidayanthi, Rahma (2023) Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics (STEAM) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa di Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_RAHMA_HIDAYANTHI_21124018_1635_2023.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penggunaan pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics (STEAM) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan menggunkan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam siswa kelas V Sekolah Dasar di Gugus I Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling diperoleh kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen di SDN 17 Kampung baru Pariaman. Pada kelas eksperimen digunakan perlakukan pendekatan STEAM dan pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan khusus. Instrumen penelitian ini yaitu tes dan angket. Tes digunakan untuk melihat kemampuan pemahaman konsep dan angket digunakan untuk melihat disposisi matematis siswa. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh: (1) Nilai signifikansi Sig. Sebesar 0,000 < 0,05 maka sesuai dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan pendekatan STEAM terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Diperoleh nilai korelasi R yaitu sebesar 0,578 dan nilai R square sebesar 0,334 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh pendekatan STEAM terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah sebesar 33,4 %. (2) Nilai signifikansi Sig. Sebesar 0,000 < 0,05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan diperoleh bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan pendekatan STEAM terhadap disposisi matematis. Diperoleh nilai korelasi R yaitu sebesar 0,681 dan nilai R square sebesar 0,477 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh pendekatan STEAM terhadap disposisi matematis siswa adalah sebesar 47,7 %. (3) persamaan regresi yaitu Y = 9,304 + 0,482X , nilai konstanta sebesar 9,304 mengandung arti bahwa nilai konsisten variabel ini 9,304. Koefesien regresi X sebesar 0,482 menyatakan bahwa koefesien determinasi bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh disposisi matematis dan pemahaman konsep adalah positif. Pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah sebesar 21,3 % terlihat dari nilai korelasi R yaitu sebesar 0,381 dan nilai R square sebesar 0,213.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STEAM, Pemahaman Konsep, Disposisi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:54
Last Modified: 28 Aug 2023 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46092

Actions (login required)

View Item View Item