Pengembangan Konten Tiktok Kreatif Sejarah Sebagai Media Pembelajaran Sejarah pada Materi Masa Kepemimpinan VOC dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA Negeri 7 Padang

Putra, Ade Prima (2023) Pengembangan Konten Tiktok Kreatif Sejarah Sebagai Media Pembelajaran Sejarah pada Materi Masa Kepemimpinan VOC dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_ADE_PRIMA_PUTRA_18046055_5549_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran sejarah yang kreatif dan berdampak pada minat dan pemahaman belajar siswa di sekolah. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk : 1) mendeskripsikan tahapan pengembangan produk, 2) mengukur kelayakan produk, 3) mengukur kepraktisan produk, 4) menganalisis minat belajar siswa terhadap pembelajaran sejarah setelah menggunakan produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan mengikuti langkah pengembangan model 4-D. Subjek uji kelayakan produk melibatkan dua ahli materi dan empat ahli media (dosen departemen sejarah). Subjek uji praktikalitas produk terdiri dari guru mata pelajaran sejarah dan 33 orang peserta didik SMA Negeri 7 Padang. Instrumen yang digunakan untuk uji kelayakan dan uji praktikalitas yaitu angket validasi. Kategori penilaian instrumen menggunakan rumus rerata untuk melihat kelayakan dan kepraktisan konten tiktok kreatif sejarah. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa konten tiktok kreatif sejarah. Tahapan pengembangan produk ini dengan model 4-D adalah: 1) tahap define (pendefenisian) meliputi analisis awal akhir, analisis peserta didik, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran, 2) tahap design (perancangan) meliputi rancangan dan pembuatan media, 3) tahap develop (develop) meliputi uji kelayakan materi dan media oleh dosen departemen sejarah, 4) tahap diseminate (penyebaran) yaitu tahap penyebaran konten tiktok kreatif sejarah kepada siswa di SMA Negeri 7 Padang. Hasil produk dari penelitian pengembangan konten tiktok kreatif sejarah berdasarkan hasil uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 3,66 kategori sangat layak sedangkan hasil uji kelayakan oleh ahli media diperoleh skor rata-rata 3,45 kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan dari guru diperoleh rata-rata skor 3,86 kategori sangat praktis sedangkan hasil uji kepraktisan kepada siswa diperoleh rata-rata 3,71 kategori sangat praktis. Kesimpulan dari hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukan bahwa konten tiktok kreatif sejarah sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAisiah, AisiahUNSPECIFIED
CorrectorOfianto, OfiantoUNSPECIFIED
CorrectorHastuti, HeraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KONTEN TIKTOK KREATIF SEJARAH, MEDIA PEMBELAJARAN
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:18
Last Modified: 28 Aug 2023 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46067

Actions (login required)

View Item View Item