Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Payakumbuh

Angryanof, Natasya Putri (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_NATASYA_PUTRI_ANGRYANOF_18029150_826_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun berdasarkan hasil tes yang dilakukan di SMA Negeri 2 Payakumbuh diperoleh pemahaman konsep matematis peserta didik masih rendah. Hal ini dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 – XI MIPA 8 SMA N 2 Payakumbuh. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga terpilih peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep yang dianalisis menggunakan uji hipotesis, yaitu uji-t. Berdasarkan analisis data hasil analisis tes pemahaman konsep matematis diperoleh bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0 karena P-value < α maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Payakumbuh. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorElniati, SriUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:21
Last Modified: 25 Aug 2023 04:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46060

Actions (login required)

View Item View Item