Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 X Koto Singkarak

Dillawati, Siti Utami (2023) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 X Koto Singkarak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SITI_UTAMI_DILLAWATI_17029077_1831_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran matematika dapat ditentukan dari hasil belajar peserta didik. Hasil belajar merupakan hasil yang didapatkan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Namun, masih ditemukan rendahnya hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 X Koto Singkarak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan media pembelajaran interaktif lebih baik daripada hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian non equivalent post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kelas yang terpilih adalah kelas VIII A dan VIII C. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk soal uraian. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t. Dari analisis data yang dilakukan dengan uji t, diperoleh P-value 0,002 atau tolak H_0 karena kurang dari taraf nyata α=0,05. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan media pembelajaran interaktif lebih baik daripada hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorAziz, Saddam AlUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:41
Last Modified: 25 Aug 2023 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46046

Actions (login required)

View Item View Item