Penerapan Analisis Survival Pasien Kanker Payudara Menggunakan Metode Kaplan-Meier (Studi Kasus: Pasien Kanker Payudara RSUP M.Djamil Padang)

Wulandari, Yuni (2023) Penerapan Analisis Survival Pasien Kanker Payudara Menggunakan Metode Kaplan-Meier (Studi Kasus: Pasien Kanker Payudara RSUP M.Djamil Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_YUNI_WULANDARI_18030144_5220_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Survei yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa seseorang mengalami kanker payudara sebanyak 8 – 9 % wanita didunia dan kanker payudara salah satu penyebab kematian utama tertinggi didunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan data Global Cancer Observatory (GCO) tahun 2020 menyatakan kasus kanker payudara di Indonesia sebanyak 68.858 pasien atau sekitar 16,6% dari total kasus kanker dan angka kematiannya lebih dari 22 ribu jiwa. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang bertujuan untuk mengetahui ketahanan hidup pasien kanker payudara yang menjalani keomterapi di RSUP. M.Djamil Padang sebagai rumah sakit utama rujukan Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Jambi berdasarkan usia, stadium, metastasis, status perkawinan, dan status pekerjaan. Dalam penelitian ini digunakan analisis survival yaitu metode Kaplan Meier dengan uji log rank. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat ketahanan hidup pasien kanker payudara secara keseluruhan (dengan jumlah 133 pasien dalam 2 tahun) lebih lama dari 660 hari memiliki probabilitas ketahanan hidup sebesar 0,739 (73,9%). Berdasarkan uji Log-Rank yang digunakan untuk melihat apakah terdapat perbedaan kurva survival antar kelompok berbeda pada selang kepercayaan 95% menunjukkan faktor yang diduga mempengaruhi ketahanan hidup pasien kanker payudara yaitu usia, stadium kanker, metastasis dan status pekerjaan berbeda secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, DefriUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KANKER PAYUDARA, KAPLAN MEIER, UJI LOG RANK, ANALISIS SURVIVAL
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:39
Last Modified: 25 Aug 2023 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46043

Actions (login required)

View Item View Item