Pengembangan Buku Cerita Digital Minang Sumbang Kato untuk Mengembangkan Karakter Pancasila Berbhineka Global Anak Usia Dini

Winda, Netri (2023) Pengembangan Buku Cerita Digital Minang Sumbang Kato untuk Mengembangkan Karakter Pancasila Berbhineka Global Anak Usia Dini. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_NETRI_WINDA_20330064_1514_2023.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penanaman nilai-nilai budaya Minang kabau dalam proses pembelajaran karakter pancasila pada anak usia dini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model buku cerita digital sumbang kato agar anak usia dini dapat mengenal budayanya melalui literasi budaya. Pengembangan buku cerita sumbang kato ini memudahkan guru dalam mengajarkan nilai-nilai budaya yang mulai berangsur-angsur hilang. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan pendidik bahwa pendidik belum mempunyai media yang bisa dijadikan acuan untuk mengajarkan nilai-nilai budaya Minangkabau untuk menanamkan karakter pancasila anak. Oleh karena itu, peneliti membuat suatu media berupa buku cerita digital yang berjudul hormat ka nan tuo balaku elok ka nan mudo agar pendidik dapat mengenalkan budaya Minangkabau sejak dini. Model pengembangan yang digunakan adalah modifikasi dari model pengembangan Borg and Gall . Uji kelayakan dilakukan oleh validator ahli bahasa (88%) , ahli materi (91%) dan ahli media (90%). Uji validasi yang dilakukan oleh validator rata-rata yang diperoleh 89,6% dengan kategori sangat valid. Untuk nilai kepraktisan media melalui angket respon guru yang diperoleh dengan rata-rata 82,8% dengan kategori sangat praktis, sedangkan untuk pengembangan nilai karakter anak yang terbentuk diperoleh 92,6% dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan model buku cerita digital sumbang kato dalam membentuk karakter pancasila anak usia dini sangat valid, sangat praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
CorrectorMayar, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku cerita, Sumbang Kato, Karakter pancasila
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:55
Last Modified: 25 Aug 2023 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46042

Actions (login required)

View Item View Item