Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PLK Prodi Pendidikan Sejarah UNP Di SMA Negeri Kota Padang

Firmanda, Mutiara (2022) Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PLK Prodi Pendidikan Sejarah UNP Di SMA Negeri Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_MUTIARA_FIRMANDA_17046018_5930_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) merupakan mata kuliah wajib yang hams diikuti mahasiswa kependidikan, kegiatan utama mahasiswa selama PLK adalah melakukan praktik mengajar. Kemampuan standar yang wajib dimiliki mahasiswa selama berperan menjadi seorang guru adalah memiliki kerampilan dasar mengajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa PLK yang belum maksimal dalam mengaplikasikan keterampilan dasar mengajar selama melakukan tugas sebagai guru pl di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa PLK Prodi Pendidikan Sejarah UNP di SMA N egeri Kota padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 20 item pertanyaan yang meliputi keterampilan membuka pembelajaran, keterampilan menutup pembelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, dan keterampilan mengelola kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pamong PLK mahasiswa prodi pendidikan sejarah unp di SMA Negeri Kota Padang yang berjumlah 10 orang guru pamong. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan hitungan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran umum persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar mahasiswa plk berada pada kategori baik dengan jumlah persentase 80%. Untuk indikator (1) semua sudah memiliki persepsi positif, untuk indikator (2) terdapat persepsi negatif mengenai pemberian penilaian berupa evalusai diakhir pembelajaran, untuk indikator (3) terdapat persepsi negatif mengenai; Penguasan materi oleh mahasiswa PLK sehingga dalam menjelaskan kalimat yang disampaikan dipahami oleh siswa, mahasiswa pkl meberikan contoh yang sesuai dengan materi, dan penekanan-penekanan khusus pada kalimat yang dianggap penting, untuk indikator ke (4) semua sudah memilki persepsi positif, untuk indikator ( 5) semua sudah memiliki persepsi positif, untuk untuk indikator ke ( 6) semua sudah memilki persepsi positif, dan untuk indikator ke (7) semua sudah memilki persepsi positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZafri, ZafriUNSPECIFIED
CorrectorBasri, WahidulUNSPECIFIED
Correctoryefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:36
Last Modified: 25 Aug 2023 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46037

Actions (login required)

View Item View Item