Hubungan Daya Ledak Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Chest Pass Bola Basket Siswa Putra Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Padang Panjang

Pratama, Rezky Nugraha (2022) Hubungan Daya Ledak Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Chest Pass Bola Basket Siswa Putra Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_REZKY_NUGRAHA_PRATAMA_15086334_436.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari kenyataan yang terjadi di saat latihan dan pertandingan ditemukan keterampilan Teknik chest pass yang masih rendah. Hal ini berkemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor antara lainnya koordinasi mata-tangan dan daya ledak otot lengan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan koordinasi mata-tangan dan daya ledak otot lengan terhadap kemampuan chest pass. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Tim Basket Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Padang Panjang.yang aktif mengikuti latihan sebanyak 15 orang. Penarikan sampel dilakukan secara sensus. Untuk memperoleh data koordinasi mata-tangan dilakukan Tes Memantulkan Bola Ke Tembok selama 30 detik, dan daya ledak otot lengan dilakukan dengan tes two hand medicine ball dengan tiga kali percobaan, sedangkan tes kemampuan chest pass dengan tes passing ke dinding selama 30 detik. Analisis data dan pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis product moment. Dari hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan antara koordinasi mata-tangan dengan kemampuan chest pass dengan hasil analisi thitung= 3,1045 >ttab= 1,771, sedangkan hubungan daya ledak otot lengan dengan kemampuan chest pass dengan hasil hitungan thitung= 1,8418 >ttab= 1,771, atau menunjukkan terdapat hubunganyya. Dan hubungan antara koordinasi mata-tangan dan daya ledak otot lengan secara bersama-sama terhadap kemampuan chest pass atlet bolabasket Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Padang Panjang tidak berhubungan dengan hasil hitungan thitung= 0,64 <ttab = 1,771.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNirwandi, NirwandiUNSPECIFIED
CorrectorZarwan, ZarwanUNSPECIFIED
CorrectorEdwarsyah, EdwarsyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Daya Ledak Otot Lengan Koordinasi Mata Tangan Kemampuan Chest Pass Bola Basket
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:48
Last Modified: 24 Aug 2023 07:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46022

Actions (login required)

View Item View Item