Deskripsi Kesalahan Belajar Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP 11 Padang

Ayesha, Adellia (2023) Deskripsi Kesalahan Belajar Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ADELLIA_AYESHA_16029096_1921_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesalahan belajar yang ditunjukkan dari proses pembelajaran matematika dan (2) kesalahan belajar yang ditunjukkan dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 11 Padang. Sumber data dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik yaitu Kesalahan Konseptual, Prosedural dan Teknikal. Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar dipengaruhi oleh beberapa penyebab. Penyebab kesalahan konseptual diantaranya (1) Siswa tidak memahami maksud dari soal, (2) Siswa salah dalam memilih rumus, dan (3) Siswa tidak dapat menerapkan rumus dengan baik. Penyebab kesalahan prosedural diantaranya (1) Siswa tidak sesuai langkah-langkahnya dalam menyelesaikan soal, (2) Siswa kurang berlatih dalam mengerjakan soal, dan (3) Siswa tidak mampu menyelesaikan soal sampai tahap yang sederhana. Solusinya adalah peserta didik perlu banyak berlatih dalam mengerjakan soal-soal rutin dan mengulang kembali pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitrianiUNSPECIFIED
CorrectorMirna, MirnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2023 07:20
Last Modified: 22 Aug 2023 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45959

Actions (login required)

View Item View Item