Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Dilengkapi Written Corrective Feedback pada Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang

Salsabila, Rafika (2023) Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Dilengkapi Written Corrective Feedback pada Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_RAFIKA_SALSABILA_18029086_3330_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif dan inspiratif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Hal tersebut diupayakan untuk mendapatkan hasil belajar matematika yang baik. Namun, pada kenyataannya hasil belajar di SMP Negeri 13 Padang masih rendah. Salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dilengkapi Written Corrective Feedback (WCF). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan PMR dilengkapi WCF lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, serta mendeskripsikan perkembangan hasil belajar peserta didik selama diterapkan pendekatan PMR dilengkapi WCF di kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Jenis penelitian ini adalah quasy-experiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian the nonequivalent posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 13 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023. Kelas eksperimen yaitu VIII.1 dan kelas kontrol VIII.2 serta subjek deskriptif yaitu VIII.1. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis yang diberikan setiap pertemuan untuk melihat perkembangan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan tes hasil belajar untuk membandingkan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data kuis terdapat peningkatan pada rata-rata kuis setiap pertemuannya. Analisis data tes hasil belajar matematika dengan taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, WRITTEN CORRECTIVE FEEDBACK
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:58
Last Modified: 21 Aug 2023 03:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45934

Actions (login required)

View Item View Item