Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dalam Pembelajaran Tematik di Kelas III Sekolah Dasar

Wahyuningsih., Harniati (2023) Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dalam Pembelajaran Tematik di Kelas III Sekolah Dasar. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_HARNIATI_WAHYUNINGSIH_16124102_553_2023(30 Jan).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang digunakan kurang menarik minat peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dan peserta didik kurang diarahkan untuk memahami bacaan sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar membaca pemahaman dan menghasilkan bahan ajar membaca sebagai upaya meningkatkan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dalam pembelajaran tematik di kelas III SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SDN 10 Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat. Subjek penelitian adalah siswa kelas III berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Penelitian inimenggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap define, design, develop, dan disseminate. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar, keterlaksanaan RPP, penilaian respon guru dan siswa. Keefektifan dilihat dari aktivitas, penilaian proses dan hasil keterampilan membaca. Bahan ajar yang dikembangkan terlebih dahulu divalidasi oleh validator ahli dan praktisi pendidikan untuk mendapatkan masukan sehingga diperoleh bahan ajar yang sesuai dengan pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dan meningkatkan keterampilan membaca. Bahan ajar yang dikembangkan masuk pada kategori sangat valid. Berdasarkan ujicoba diketahui bahwa bahan ajar dapat memberikan kemudahan bagi guru dan peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan RPP, respon peserta didik dan guru, sehingga diperoleh tingkat praktikalitas bahan ajar pada kategori sangat praktis. Selanjutnya, bahan ajar telah memberikan dampak, pengaruh, dan hasil yang sangat baik dimana hal ini dapat dilihat dari hasil aktivitas peserta didik, perolehan nilai sikap, pengetahuan, keterampilan, oleh sebab itu bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar keterampilan membaca menggunakan strategi Survey Question Read Reflect Rite Review (SQ4R) dalam pembelajaran tematik di kelas III SD telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Diharapkan bahan ajar dengan menggunakan strategi Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dalam pembelajaran tematik pada materi lain mendapatkan hasil yang lebih sempurna

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
Thesis advisorArief, DarnisUNSPECIFIED
CorrectorMahyudin, RitawatiUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Keterampilan Membaca, strategi Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R), Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:13
Last Modified: 18 Aug 2023 09:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45930

Actions (login required)

View Item View Item