Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Wilayah Tarantang Sayang Kabupaten Tanah Datar

Yanti, Eva (2023) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Wilayah Tarantang Sayang Kabupaten Tanah Datar. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_EVA_YANTI_21147001_179_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan penulis tentang kinerja guru di SMP Negeri di wilayah Tarantang Sayang Kabupaten Tanah Datar masih belum optimal. Observasi menunjukkan bahwa bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah masih belum baik dan kinerja guru masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi tentang (1) Pengaruh positif kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di Wilayah Tarantang Sayang Kabupaten Tanah Datar, (2) Pengaruh positif iklim sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di Wilayah Tarantang Sayang Kabupaten Tanah Datar, dan (3) Pengaruh positif kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di Wilayah Tarantang Sayang Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan jenis asosiatif. Populasi merupakan guru PNS yang berjumlah 120 orang guru dan sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Cohran dengan tingkat kesalahan 10% dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling diperoleh 68 orang guru. Instrumen Penelitian menggunakan angket dengan skala liker yang memiliki 5 alternatif jawaban. Sebelum angket tersebut digunakan sudah dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linear berganda yang diolah menggunakan SPSS versi 24. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan thitung>ttabel (2,118>1,997). Terdapat pengaruh signifikan antara iklim sekolah dengan kinerja guru dengan thitung>ttabel (2,226>1,997). Terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru dengan nilai Fhitung>Ftabel (6,858> 3,14), maka terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Dari tabel regresi menunjukkan nilai konstanta sebesar 59,576 dan nilai koefisien regresi variabel X1 sebesar 0,162 dan nilai koefisien regresi variabel X2 sebesar 0,179. Jadi persamaan regresi linear berganda yang digunakan adalah 59,576+0,162X1+0,179X2+e. Pada uji koefisien determinasi didapatkan r² = 0,187 yang menunjukkan arti bahwa determinasi dari variabel kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 18,7%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
CorrectorHadiyanto, HadiyantoUNSPECIFIED
CorrectorNellitawati, NellitawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Kepemimpinan Kepala Sekolah; Iklim Sekolah; Kinerja Guru
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:12
Last Modified: 18 Aug 2023 09:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45929

Actions (login required)

View Item View Item