Kontribusi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung

Andani, Sylvi Tri (2021) Kontribusi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SYLVI_TRI_ANDANI_19016056_2646_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penguasaan kosakata bidang lingkungan siswa yang berbeda-beda dan masih jauh dari kata ideal. Hal tersebut mengakibatkan adanya kesalahan-kesalahan seperti penggunaan kata yang tidak tepat dalam menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata bidang lingkungan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung. Ketiga, menganalisis kontribusi penguasaan kosakata bidang lingkungan terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan desain korelasional. Kontribusi dihitung menggunakan rumus koefisien determinan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 22 orang siswa yang tersebar dalam satu kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 orang siswa dengan teknik total sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata bidang lingkungan sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks berita sebagai variabel terikat (Y). Pengumpulan data dilakukan melalui tes objektif penguasaan kosakata bidang lingkungan dan tes keterampilan menulis teks berita. Berdasarkan perolehan dan pengolahan data-data penelitian, didapatkan hasil sebagai berikut. Pertama, penguasaan kosakata bidang lingkungan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung berada pada kualifikasi lebih dari cukup pada rentang 66-75 dalam skala 10 dengan nilai 74,03. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung berada pada kualifikasi lebih dari cukup pada rentang 66-75 dalam skala 10 dengan nilai 75,38. Ketiga, penguasaan kosakata bidang lingkungan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung berkontribusi sebesar 16,48% terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa untuk memiliki keterampilan dalam menulis teks berita membutuhkan penguasaan kosakata yang memadai, khususnya bidang lingkungan. Penguasaan kosakata yang memadai tersebut menjadi modal dasar bagi siswa agar mampu dalam mengungkapkan ide atau gagasannya dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnggraini, DewiUNSPECIFIED
CorrectorAbdurrahman, AbdurrahmanUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, MuhammadUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:11
Last Modified: 18 Aug 2023 09:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45926

Actions (login required)

View Item View Item