Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Perkalian dengan Penerapan Strategi Multiple Intellegnces Tema Lingkungan di Kelas III-A SD Negeri 01 Batang Anai

Karmila, Delvi (2023) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Perkalian dengan Penerapan Strategi Multiple Intellegnces Tema Lingkungan di Kelas III-A SD Negeri 01 Batang Anai. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_DELVI_KARMILA_19788_1515_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran tematik belum berjalan seperti yang diharapkan. Peserta didik tidak dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga pembelajaran terlihat kaku dan tidak menyenangkan. Kecerdasan peserta didik tidak terlihat berkembang karena pendidik belum memebrikan fasilitas secara optimal. Salah satu penyebab masalah tersebut, karena guru belum memilih strategi pembelajaran secara efektif..Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar perkalian peserta didik dengan menggunakan strategi multiple intellegences. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III-A SD Negeri 01 Batang Anai yang berjumlah 33 Orang. Pemilihan subjek penelitian didasarkan pada kemampuan perkalian yang rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. PTK dilaksanakan dalam bentuk proses berdaur (cyclical) yang terdiri empat tahapan, planning, action, observation dan reflection. Penelitian ini dilakukan 3 siklus, dimulai tanggal 6 November 2012 sampai tanggal 23 November 2012. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, keeefektifan tindakan pada setiap siklus dari hasil observasi dideskripsikan dan diinterprestasikan kemudian direfleksikan untuk melakukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Temuan penelitian menunjukan bahwa penggunaan strategi multiple intellegences dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan tersebut dilihat dari data yang terkumpul menggunakan lembar observasi dan hasil ulangan peserta didik di akhir siklus III. Pada siklus I peningkatan aktivitas peserta didik dirata-ratakan berkualifikasi cukup, pada siklus II berkuakifikasibaik dan pada siklus III berkualifikasi baik sekali. Untuk hasil belajar diperoleh data untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I 68, siklus II 82 dan siklus III 89. Untuk mata pelajaran IPS siklus I dengan rat-rata 64, siklus II rat-rata 76 dan siklus III rat-rata 86. Sedangkan mata pelajaran Matematika siklus 1 diperoleh rata-rata 60, siklus II diperoleh rata-rata 73 dan siklus III diperoleh rata-rata 86. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa, strategi multiple intellegences dapat digunakan sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHarun, MardiahUNSPECIFIED
Thesis advisorYarni, NeviUNSPECIFIED
CorrectorTaufik, TaufinaUNSPECIFIED
CorrectorArdipal, ArdipalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:11
Last Modified: 18 Aug 2023 09:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45925

Actions (login required)

View Item View Item