Desain E-Book Chapter pada Materi Momentum Impuls dan Tumbukan Berorientasi 4C Terintegrasi CBR dalam Pembelajaran Fisika SMA Kelas X

Azzahra, Nabilah Iffah (2023) Desain E-Book Chapter pada Materi Momentum Impuls dan Tumbukan Berorientasi 4C Terintegrasi CBR dalam Pembelajaran Fisika SMA Kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_NABILAH_IFFAH_AZZAHRA_18033158_4454_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan IPTEK yang begitu pesat, pada bidang pendidikan dibutuhkan keterampilan abad 21 yaitu keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, and Collaboration). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku elektronik berorientasi 4C yang terintegrasi CBR pada mata pelajaran fisika SMA kelas X semester 2 yaitu pada materi momentum dan impuls yang memperhatikan pada aspek validitas, yaitu pada validitas konstruk isi serta aspek praktikalitas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik menggunakan pendekatan CBR, produk dirancang menggunakan aplikasi I-spring. Penelitian ini termasuk dalam penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pegembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan analysis, design, develop, implement, dan evaluate. Penelitian ini melibatkan tiga orang tenaga ahli, enam orang guru mata pelajaran fisika SMA, dan tiga orang peserta didik kelas X. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini merupakan lembar uji validitas dan praktikalitas. Teknik analisis data untuk nilai validitas menggunakan V Aiken dan nilai kepraktisan menggunakan teknik persentase. Hasil validasi menyatakan bahwa e-book chapter berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata nilai 0,81, penilaian validasi produk diambil dari tujuh komponen yaitu, substansi materi, tampilan komunikasi visual, desain pembelajaran, pemanfaatan materi, penilaian kemampuan berpikir kritis, penilaian kemampuan berpikir kreatif, dan penilaian CBR. Hasil praktikalitas dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata nilai 0,88 setelah produk dinilai pada tiga komponen pokok yaitu, pada materi yang mudah dipahami, menarik, dan efisien. Produk yang sudah dinyatakan sangat valid dan praktis ini, dapat digunakan untuk pembelajaran di sekolah maupun pembelajaran secara mandiri oleh peserta didik yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun diperlukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahim, Fanny RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliaUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-BOOK CHAPTER, PEMBELAJARAN FISIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Aug 2023 08:51
Last Modified: 16 Aug 2023 08:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45894

Actions (login required)

View Item View Item