Delfauzul, Delfauzul
(2023)
Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Palembayan Kabupaten Agam.
Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Abstract
Berdasarkan survei awal dilapangan, kinerja guru SMK Negeri 1
Palembanyan terkesan masih rendah, diperkirakan rendahnya kinerja guru disebabkan oleh rendahnya motivasi kerja guru dan kurangnya pelaksanaan supervisi kepala sekolah. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi
supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMK Negeri Palembayan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ada 3 hipotesis, 1) supervisi kepala sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru, 2) Motivasi kerja
berkontribusi terhadap kinerja guru, 3) Supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru. Populasi penelitian ini adalah semua guru SMK Negeri 1 Palembanyan yang berjumlah 37 orang, maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 orang guru, tidak termasuk kepala
sekolah, wakil kepala sekolah karena kepala sekolah dan wakil kepala sekolah adalah orang yang bertindak sebagai supervisor. Sedangkan data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner berbentuk skala likert setelah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan analisis data penelitian terungkap bahwa supervisi kepala sekolah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja guru sebesar 36,4% dan motivasi kerja memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja
guru sebesar 24,7%. Secara bersama-sama supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja memberikan kontribusi sebesar 37,0% terhadap kinerja guru, dan sisanya 63,0% ditentukan oleh variabel lain. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedua variabel bebas yaitu supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja guru, disamping variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Actions (login required)
|
View Item |