Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Sosial Budaya untuk Meningkatkan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini di TK Mutiara Bunda Lima Puluh Kota

Fitri, Adde Resfi (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Sosial Budaya untuk Meningkatkan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini di TK Mutiara Bunda Lima Puluh Kota. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_ADDE_RESFI_FITRI_17330001_390_2023.pdf

Download (708kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih adanya guru yang kurang menerapkan pendekatan yang bisa membuat anak tertarik untuk memahami sosial budaya dan kurangnya media penunjang yang menarik minat anak dalam pembelajaran sosial budaya, termasuk video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran yang berbasis sosial budaya anak usia dini yang valid, praktis dan efektif untuk pembelajaran di TK. Peneliti perlu memecahkan masalah ini melalui penelitian riset dan pengembangan dengan model 4-D, yang terdiri dari tahap pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Uji coba produk dilakukan pada siswa kelas B Isa dan implementasi produk dilakukan pada siswa kelas B Muhammad TK Mutiara Bunda Lima Puluh Kota. Intrumen yang digunakan yaitu instrumen validitas, praktikalitas dan efektivitas. Untuk menjamin keabsahan produk peneliti memvalidasi instrumen tersebut kepada pakar/ahli. Analisis data menggunakan persentase dan uji validitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa video pembelajaran berbasis sosial budaya (1) sudah memenuhi kategori valid, (2) sudah memenuhi kategori praktis dan (3) sudah memenuhi kategori efektif untuk pembelajaran di TK. Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan sebagai dasar atau acuan bagi guru TK dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDaharnis, DaharnisUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:10
Last Modified: 16 Aug 2023 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45887

Actions (login required)

View Item View Item