Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbentuk Permainan UNO Spin tentang Materi Jaringan Tumbuhan untuk Peserta Didik Kelas XI IPA SMA

Nadra, Emilsa Rahmi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbentuk Permainan UNO Spin tentang Materi Jaringan Tumbuhan untuk Peserta Didik Kelas XI IPA SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_EMILSA_RAHMI_NADRA_18031128_3523_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran guru di SMAN 2 Pulau Punjung menggunakan LKPD, power point, dan modul. Media yang digunakan peserta didik tersebutmasih kurang menarik dan belum membantu peserta didik dalam mempelajarimateri jaringan tumbuhan. Peserta didik membutuhkan media pebelajaran lainyang lebih menarik dan menunjang pemahaman peserta didik pada pembelajaran Biologi. Media pembelajaran yang menarik menurut peserta didik yaitu mediapembelajaran dengan metode permainan yang terdapat gambar didalamnya, sehingga terciptalah media pembelajaran Biologi berbentuk permainan UNO spintentang materi jaringan tumbuhan untuk kelas XI IPA SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Researchand Development) dengan menggunakan model IDI (Instructional DevelopmentInstitute). Penelitian dilakukan melalui tiga tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan penilaian (evaluate). Data yang didapatkan merupakandata primer yang bersumber dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaranBiologi, observasi peserta didik, uji validitas dan praktikalitas subjek penelitian. Tahap pendefinisian dilakukan pengumpulan data dengan wawancara satu orangguru Biologi dan penyebaran angket peserta didik kepada 31 orang peserta didikKelas XI IPA SMA Negeri 2 Pulau Punjung. Tahap pengembangan dilakukanperancangan media pembelajaran dan uji validitas. Uji validitas dilakukan olehdua orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru Biologi diSMA Negeri 2 Pulau Punjung. Tahap penilaian dilakukan uji praktikalitas olehdua orang guru Biologi dan 31 orang peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 2Pulau Punjung. Berdasarkan uji validitas dan uji praktikalitas yang telah dilakukan, maka media pembelajaran Biologi berbentuk permainan UNO spin tentang materi jaringan tumbuhan untuk peserta didik Kelas XI IPA SMA sudah dinyatakan sangat valid dan sangat praktis bagi guru dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRistionno, RistionnoUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, PERMAINAN UNO SPIN
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:43
Last Modified: 14 Aug 2023 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45831

Actions (login required)

View Item View Item