Rancangan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dalam Pengendalian Resiko Cemaran Pada Pengolahan Dimsum (Studi Kasus Di Hotel BW Luxury Jambi)

Juita, Adinda (2023) Rancangan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dalam Pengendalian Resiko Cemaran Pada Pengolahan Dimsum (Studi Kasus Di Hotel BW Luxury Jambi). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_ADINDA_JUITA_18135211_992_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan konsumen akan makanan yang bersih dan terhindar dari suatu cemaran menjadi hal yang melatarbelakangi proyek akhir ini. Resiko cemaran pada makanan bisa terjadi karena proses pemilihan bahan baku, proses pengolahan dan proses penyimpanan yang kurang tepat penangananya. Salah satu makanan yang sedang popular dikalangan masyarakat saat ini adalah dimsum, didalam komposisinya mengandung bahan baku yang mudah rusak, untuk itu dibuthkan penangan dan panduan khusus dalam pengolahannya. Tujuan dari proyek akhir ini adalah menghasilkan sebuah panduan dalam pengendalian resiko cemaran pada pengolahan dimsum yang ada di Hotel BW Luxury Jambi, untuk menjaga kualitas produk agar dimsum yang dihasilkan benar-benar terjaga dan terhindar dari cemaran. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dengan 3 orang informan. Proses pembentukan proyek akhir ini dengan menggabungkan beberapa teori terkait, yang dibentuk menjadi sebuah rancangan Standar Oprasional Perosedur (SOP) pengolahan dimsum. Kemudian rancangan ini melalui tahapan pengecekan dari perusahaan dan ahli sebelum benar-benar menjadi sebuah Standar Operasional Prosedur (SOP). Maka didapatkan sebuah panduan dalam pengendalian resiko cemaran pada pengolahan dimsum dengan berpedoman pada GMP (Good Manufacturing Practices) terkait proses pengolahan, yaitu: proses pengadaan bahan baku, kondisi umum tempat pengolahan, penggunaan alat, persiapan diri karyawan, proses produksi, penggunaan air dan penanganan limbah, prosedur penyimpanan bahan dan produk akhir dimsum yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKasmita, KasmitaUNSPECIFIED
CorrectorWaryono, WaryonoUNSPECIFIED
CorrectorFerdian, FeriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
R Medicine and Food > Food General
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:19
Last Modified: 08 Aug 2023 06:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45773

Actions (login required)

View Item View Item