Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung

Rahmayani, Rizka Dwi (2023) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RIZKA_DWI_RAHMAYANI_19016190_2329_2023 .pdf

Download (876kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan perencaan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung. Kedua, mendeskripsikan pelakasanaan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung. Ketiga, mendeskripsikan pengevaluasian pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Keempat, mendeskripsikan tindak lanjut penerapan model pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kombinasi desain concurent triangulation. Instrumen penelitian ini terdiri atas empat, yaitu pedoman lembar observasi guru dalam merencanakan dan melaksanakan model pembelajaran berbasis proyek, pedoman pengamatan motivasi dan keaktifan peserta didid, dokumentasi penelitian, dan angket penelitian. Teknik penganalisaan data dilakukan dengan 3 prosedur, yaitu (1) reduksi data, (2) sajian data, dan (3) verifikasi. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan disimpulkan empat hal. Pertama, tahap perencanaan penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung sudah matang dengan tingkat pemenuhan indikator 100%.Kedua, Tingkat pemenuhan indikator guru dalam melaksanakan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung berada pada tingkat ketercapaian 87%. Tingkat motivasi dan keaktifan peserta didik selama PBM (Proses Belajar Mengajar) menggunakan model pembelajaran berbasis proyek masing-masing 80% dan 84. Ketiga, tahap pengevaluasian pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi menggunakan evaluasi proses dan hasil dengan isntrumen penilaian proyek dan obsevasi, ditemukan jika proses pelaksanaan sudah sesuai dengan perencanaan tetapi terdapat kendala dalam keaktifan siswa selama PBM (Proses Belajar Mengajar). Produk keterampilan menulis teks eksplanasi siswa berada pada tingkatan kategori baik sesuai dengan kaidah penulisan teks eksplanasi. Keempat, berdasarkan hasil analisis angket respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek mendapatkan tanggapan positif dengan tingkat ketercapaian 83% sehingga dapat dilanjutkan penerapannya dengan tindak lanjut meningkatkan keterampilan pengelolaan kelas oleh guru dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung memenuhi kriteria pelaksanaan dan bisa diteruskan pelaksanaannya. Untuk meningkatkan kualitas penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung, tindak lanjut yang dapat dilakukan yaitu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan guru harus mampu meningkatkan keterampilan pengelolaan kelas agar secara keseluruhan siswa terlibat aktif selama PBM (Proses Belajar Mengajar). Dukungan dari berbagai pihak dibutuhkan untuk penerapan model pembelajaran ini terutama pihak sekolah, dengan memfasilitasi penerapan model pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, HafrisonUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:50
Last Modified: 08 Aug 2023 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45751

Actions (login required)

View Item View Item