Perbedaan Kebugaran Jasmani Siswi Menstruasi dengan Siswi yang Tidak Menstruasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Padang

Amelia, Roza (2023) Perbedaan Kebugaran Jasmani Siswi Menstruasi dengan Siswi yang Tidak Menstruasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ROZA_AMELIA_19086430_1896_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari tidak antusiasnya siswa putri dalam mengikuti pembelajaran penjas karena sedang mengalami menstruasi. Mereka beranggapan pada saat menstruasi melakukan aktivitas olahraga akan mengakibatkan haid mereka tidak teratur, lama, bahkan tidak haid sama sekali. Untuk melihat kemungkinan mana yang betul maka dilakukan suatu penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kebugaran Jasmani Siswi Menstruasi Dengan Sisiwi Yang Tidak Menstruasi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan rancangan. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri 25 Padang dengan jumlah 130 siswi. Menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan sampel sebanyak 13 siswi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI). Teknik analisis menggunakan uji-t pada sampel berhubungan melalui uji prasyarat, normalitas, dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada siswi yang menstruasi dengan yang tidak menstruasi dengan rhitung 1,986 > rtabel 1,710. Rata-rata yang diperoleh dari Tidak Menstruasi sebesar 17,30, sedangkan nilai rata-rata Menstruasi sebesar 18,38., sehingga memiliki selisih sebesar 1,08. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani yang Menstruasi lebih baik dari yang Tidak Menstruasi berdasarkan tes yang sudah dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEldawaty, EldawatyUNSPECIFIED
CorrectorKhairuddin, KhairuddinUNSPECIFIED
CorrectorSepriani, RikaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEBUGARAN JASMANI SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:28
Last Modified: 07 Aug 2023 08:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45732

Actions (login required)

View Item View Item