Pengaruh Kebiasaan Belajar, Status Gizi dan Tingkat Ekonomi terhadap Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMA N 7 Kerinci

Nelsa, Remon (2023) Pengaruh Kebiasaan Belajar, Status Gizi dan Tingkat Ekonomi terhadap Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMA N 7 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_REMON_NELSA_21199050_3125_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kebugaran jasmani siswa SMA N 7 Kerinci yang dipengaruhi oleh faktor kebiasaan belajar yang kurang baik, sehingga memberikan dampak negative terhadap hasil belajar PJOK khususnya kebugaran jasmani. Sebagian besar siswa memiliki gizi yang belum terpenuhi maksimal yang berpengaruh pada kualitas kebugaran siswa dan tingkat ekonomi sebagian orangtua siswa berada dikategori sedang dan rendah yang diduga mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani siswa. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana pengaruh langsung atau pengaruh tidak langsung antara kebiasaan belajar, status gizi dan tingkat ekonomi terhadap kebugaran jasmani siswa SMA N 7 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal komperatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 7 Kerinci yang berjumlah 101 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 30 orang siswa menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembaran angket untuk variabel kebiasaan belajar dan tingkat ekonomi, tes kebugaran siswa Indonesia (TKSI) untuk variabel kebugaran jasmani dan pengukuran indeks massa tubuh (IMT) untuk variabel status gizi. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (Part Analysis). Hasil penelitian dan analisis menunjukan : (1) Terdapat pengaruh langsung kebiasaan belajar terhadap kebugaran jasmani, di dapat Py1 sebesar 0.316 atau 9,98%. (2) Terdapat pengaruh langsung status gizi terhadap kebugaran jasmani, di dapat Py2 sebesar 0,306 atau 9,93%. (3) Terdapat pengaruh langsung tingkat ekonomi terhadap kebugaran jasmani, di dapat py3 sebesar 0,461 atau 21,25 % . (4) tidak ada pengaruh kebiasaan belajar melalui tingkat ekonomi terhadap kebugaran, di dapat p-value sebesar 0,289 > 0,05. (5) Tidak ada pengaruh status gizi melalui tingkat ekonomi terhadap kebugaran jasmani, di dapat p-value sebesar 0,235 > 0,05. (6) Terdapat pengaruh kebiasaan belajar, status gizi dan tingkat ekonomi secara bersama-sama terhadap kebugaran jasmani dengan nilai Rsquare sebesar 0,399 atau 39,9 %

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDamrah, DamrahUNSPECIFIED
CorrectorArsil, ArsilUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Aldo NazaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEBIASAAN BELAJAR, STATUS GIZI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:06
Last Modified: 07 Aug 2023 08:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45725

Actions (login required)

View Item View Item