Rancangan Sop Make Up Room Berbasis Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Hotel Grandhika Sibuhua Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara.

Marito, Isnaini (2023) Rancangan Sop Make Up Room Berbasis Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Hotel Grandhika Sibuhua Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
B1_4_ISNAINI_MARITO_18135268_2113_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proyek akhir dilatarbelakangin belum diterapkan K3 oleh karyawan di Hotel Grandhika Sibuhuan dalam proses make up room. Proyek akhir ini disusun untuk menghasilkan rancangan Standar Operasional Prosedur make up room berbasis kesehatan dan keselamatan kerja karyawan. Permasalahan pada proyek akhir ini yaitu belum ada SOP dan peralatan K3 serta kurangnya pengawasan supervisor dan faktor kebiasaan sehingga membuat roomboy/room maid mengabaikan SOP demi menghemat waktu kerja dan bisa menyebabkan timbulnya penyakit yang di akibatkan dari debu dan bahan kimia pada saat make up room. Peneliti melakukan observasi di Hotel Grandhika Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara dan wawancara dengan manager housekeeping. Peneliti membuat SOP mulai dari dari persiapan diri dari room boy/ room maid sampai pemeriksaan kamar yang sudah dibersihkan dilakukan oleh supervisor. Rancangan standar operasional prosedur make up room yang sesuai dan telah verifikasi dan validasi yang dilakukan oleh manager housekeeping dan para ahli/dosen. Hasil proyek akhir adalah pada proses make up room yang memerlukan pengawasan dari manager/supervisor dan penerapan K3 yang dilakukan oleh karyawan room attendant.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKasmita, KasmitaUNSPECIFIED
CorrectorAbrian, YoumilUNSPECIFIED
CorrectorWulansari, NidiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR, MAKE UP ROOM, KESELAMATAN KERJA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:03
Last Modified: 07 Aug 2023 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45714

Actions (login required)

View Item View Item