Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Menginap: Studi pada Tamu Favehotel-Olo Padang

Dewa, Yogie Kusuma (2022) Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Menginap: Studi pada Tamu Favehotel-Olo Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Yogie_Kusuma_Dewa_18135079_4669_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh brand equity terhadap keputusan menginap (studi pada tamu Favehotel-Olo Padang). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tamu yang tidak puas terhadap layanan dan fasilitas Favehotel Olo Padang sehingga dapat mempengaruhi kekuatan merek Favehotel-Olo Padang yang menyebabkan loyalitas tamu menjadi rendah, serta tingkat hunian kamar yang belum mencapai target. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode assosiatif kausal yang melibatkan dua variabel yaitu (1) variabel brand equity terdiri dari indikator: yaitu brand awareness(kesadaran merek) , brand association (asosiasi merek) , perceived quality(persepsi kualitas) , dan brand loyalty (loyalitas merek) (2) variabel keputusan menginap terdiri dari indikator: pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku setelah pembelian. Sampel yang digunakan adalah tamu individu yang pernah menginap di Favehotel-Olo Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 98 orang responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui komunikasi tidak langsung yaitu dengan penyebaran angket atau kuesioner yang tersusun. Kuesioner tersebut berupa pertanyaan tertutup yang diberikan kepada responden secara langsung dengan menggunakan skala likert yang terdiri dari 34 butir pernyataan yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis dengan uji regresi linear sederhana serta koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS versi 22.00. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil: (1) brand equity berada pada kategori setuju (51%), (2) Keputusan menginap berada pada kategori sangat setuju (51%), (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh F hitung 244.912 dengan sig. 0,00 < 0,05 maka variabel brand equity dapat menjelaskan keputusan menginap secara signifikan, dengan R Square sebesar 0,718 yang mana terdapat pengaruh brand equity terhadap keputusan menginap sebesar 71,8%. Selanjutnya koefisien regresi sebesar 0.381 pada taraf signifikan 0.00<0.05 artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan brand equity akan meningkatkan 0.381 satuan keputusan menginap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuyuthie, HijriyantomiUNSPECIFIED
CorrectorAbrian, YoumilUNSPECIFIED
CorrectorWulansari, NidiaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:42
Last Modified: 07 Aug 2023 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45635

Actions (login required)

View Item View Item