Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di SMP IT Ruqiyah Syariyah Buya Ronah Kabupaten Pasaman Barat.

Nasution, Fajar (2023) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di SMP IT Ruqiyah Syariyah Buya Ronah Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_FAJAR_NST_18087153_441_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai kedisiplin siswa. Siswa sering melakukan perbuatan atau tindakan tidak sesuai dengan yang di harapkan. Dimana terdapatnya siswa tidak patuh atau taat terhadap peraturan sekolah serta siswa yang berprilaku kurang baik. Misalnya siswa sering datang terlambat sekolah, keluar saat jam pelajaran (cabut), tidak menaati perintah guru, berkelahi dengan sesama temannya di sekolah. Tujuan penelitian inia dalah Mendeskripsikan proses kegiatan ekstrakurikuler pencaksilat dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMP IT Ruqiyah Syariyah Buya Ronah KabupatenPasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Informan dalam penelitian adalah pelatih ekstrakurikuler pencaksilat dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul berupa kata-kata yang dianalisis dengan cara di reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwasanya kegiatan ekstrakurikuler pencak silatdi SMP IT Ruqiyah Syariyah Buya Ronah di Kabupaten Pasaman Barat merupakan salah satu kegiatan yang dapat membentuk karakter disiplin siswa. Proses kegiatan ekstrakurikuler pencak silat dalam pembentukan karakter disiplinsiswa di SMP IT Ruqiyah Syariyah Buya Ronah sebagai bentuk salah satu implementasi karakter disiplin kepada siswa yang dilakukan dengan cara mengikuti kegiatan latihan rutin sesuai yang telah di jadwalkan melalui beberapa proses, tahapan latihan dan pendalaman materi. Dalam kegiatan ekstrakurikuler pencak silat terdapat nilai-nilai yang membentuk karakter disiplin siswa di SMP IT Ruqiyah Syariyah Buya Ronah Kabupaten Pasaman Barat yang menunjukkan adanya nilai takwa dan tangon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwandi, JohnUNSPECIFIED
CorrectorSuwirman, SuwirmanUNSPECIFIED
CorrectorPadli, PadliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Aug 2023 00:56
Last Modified: 04 Aug 2023 00:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45558

Actions (login required)

View Item View Item