Studi Tentang Makna Sajian Makanan Adat Pada Rangkaian Acara Baralek Di Kediaman Mempelai Wanita(Studi Kasus Di Kanagarian Muaro Kabupaten Sijunjung)

Zahira, Viona (2022) Studi Tentang Makna Sajian Makanan Adat Pada Rangkaian Acara Baralek Di Kediaman Mempelai Wanita(Studi Kasus Di Kanagarian Muaro Kabupaten Sijunjung). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_VIONA_ZAHIRA_18075087_6529_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kepedulian generasi muda terhadap adat istiadat sehingga generasi muda kurang memahami adat istiadatnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rangkaian proses pelaksanaan acara baralek di Nagari Muaro Kabupaten Sijunjung,makanan yang disajikan saat acara baralek, alat yang digunakan dalam penyajian makanan serta makna yang terkandung dalam penyajian makanan pada saat acara baralek di Nagari Muaro Kabupaten Sijunjung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Nagari Muaro pada bulan Agustus sampai bulan September, data yang diperoleh di dapat dari wali nagari, niniak mamak, bundo kanduang, Ketua KAN dan masyarakat. Data penelitian ini didapat melalui wawancara,observasi dan pengamatan serta dokumentasi.Teknik analisis data dengan cara data reduction, display data dan verification. Hasil penelitian Rangkaian acara baralek di Nagari Muaro Kab.Sijunjung, makanan yang di sajikan, alat yang digunakan serta makna sajian makanan yang disajikan. Rangkaian acara yang dilakukan pada acara baralek di Nagari Muaro Kabupaten Sijunjung yang terdiri dari : Selusur Ambun,Maminta Izin Mamak,Monti Jo Siriah Gadang,Makan Pamboli,Alek Bagurau Sumando,Malam Bainai,Manjamu Mamak, Mahanda Kokek, Akad Nikah, Malam Bakawan. Makanan yang disajiakan dalam acara baralek adalah kotan goreng pisang, kokek, dan nasi gulai kambing. Alat yang digunakan dalam penyajian makanan pada acara baralek adalah piriang makan,piriang samba,cambuang,galeh,teko dan tamala. Makna sajian makanan yang dihidangkan adalah kokek dan ketan goreng pisang memiliki makna kedekatan antara 4 jini dan orang tua, sedangkan nasi gulai kambing memiliki makna alek jo niniak mamak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYelfi, RenoUNSPECIFIED
CorrectorElida, ElidaUNSPECIFIED
CorrectorGusnita, WiwikUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Food General
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Aug 2023 00:54
Last Modified: 04 Aug 2023 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45546

Actions (login required)

View Item View Item