Pengaruh Mordan Jeruk Nipis dan Jeruk Purut terhadap Hasil Pewarnaan Eco Print Daun Jarak Pagar (Jatropha Curcas) pada Bahan Katun

Sartika, Dewi (2022) Pengaruh Mordan Jeruk Nipis dan Jeruk Purut terhadap Hasil Pewarnaan Eco Print Daun Jarak Pagar (Jatropha Curcas) pada Bahan Katun. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DEWI_SARTIKA_20075194_7460_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi sebagai upaya pemanfaatan daun jarak pagar unutk membuat motif tekstil dengan teknik pewarnaan eco print yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan arah warna, mendeskripsikan kejelasan bentuk motif daun, dan mendeskripsikan ketahanan warna/luntur yang dihasilkan dari pewarnaan eco print daun jarak pagar (jatropha curcas) pada bahan katun dengan mordan jeruk nipis dan jeruk purut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen. Jenis data adalah data primer bersumber dari 18 orang panelis yang sudah melakukan tes buta warna. Instrumen pengumpulan data berupa angket atau kuesioner yang disusun secara Skala Bertingkat (Reting Scale). Teknik Analisis Data adalah Friedman K-Related Sample, yang diolah dengan SPSS (statistical Product and Service Solutions) versi 26.0. Hasil pewarnaan eco print dengan mordan jeruk nipis menghasilkan arah warna hijau kecoklatan dengan nama warna olive dengan kode #A59876, mordan jeruk purut menghasilkan arah warna perpaduan dari warna kuning dengan hijau tua dengan nama warna muddy waters brown dengan kode #937D48, untuk memperoleh arah warna tersebut diuji menggunakan Colorblind Assistand. hasil kejelasan bentuk motif daun pewarnaan eco print dengan mordan jeruk nipis 55,56% panelis menyatakan jelas atau bentuk motif daun terlihat berubah atau samar dan mordan jeruk purut 77,78% panelis menyatakan sangat jelas atau bentuk motif daun terlihat tidak ada perubahan sama sekali. Hasil ketahanan warna/luntur pewarnaan eco print dengan mordan jeruk nipis menggunakan sabun lerak nilainya 65,25 dan mordan jeruk purut menggunakan detergen bubuk nilainya 64 yang berarti warna dan bentuk motif daun terlihat sedikit berubah/berkurang. Hasil uji Friedman K-Related Sample diperoleh untuk kejelasan bentuk motif daun adalah 0,007<0,05 maka Ho ditolak. Sedangkan untuk ketahanan warna/luntur adalah 0,000<0,05 maka Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan akibat penggunaan mordan jeruk nipis dan jeruk purut terhadap kejelasan bentuk motif daun dan ketahanan warna/luntur dalam pewarnaan eco print menggunakan daun jarak pagar (jatropha curcas) pada bahan katun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdriani, AdrianiUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorNovrita, Sri ZulfiaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:49
Last Modified: 03 Aug 2023 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45528

Actions (login required)

View Item View Item