Analisis Aspek Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Upaya Mengidentifikasi Potensi Bahaya untuk Meningkatkan Mutu Keselamatan Kerja pada Kegiatan Tambang Batubara Bawah Tanah Tunnel 6 di PT. Allied Indo Coal Jaya, Parambahan Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto

Hendriwan, Azura Awindya Putri (2022) Analisis Aspek Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Upaya Mengidentifikasi Potensi Bahaya untuk Meningkatkan Mutu Keselamatan Kerja pada Kegiatan Tambang Batubara Bawah Tanah Tunnel 6 di PT. Allied Indo Coal Jaya, Parambahan Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_12_AZURA_AWINDYA_19080005_6936_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PT. Allied Indo Coal Jaya, yang berlokasi di Parambahan Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat, merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara. Dimana aktivitas tersebut memiliki potensi bahaya yang besar dan beresiko tinggi jika tidak memperhatikan aturan-aturan keselamatan yang sudah ditetapkan. Dalam melakukan pekerjaan kita harus mementingkan keselamatan dan kesehatan serta keamanan dalam bekerja, agar tidak terjadi kecelakaan yang dapat menimbulkan korban dan juga menghambat kelanjutan kegiatan kerja dalam mencapai produksi yang sudah ditargetkan oleh perusahaan. Juga kerugian yang akan dihadapi jika kecelakaan tersebut berasal dari peralatan tambang yang digunakan secara tidak benar. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan langsung ke lokasi dan dengan dukungan beberapa data sekunder dari perusahaan terkait. Data yang didapatkan akan menghasilkan analisis potensi bahaya yang ada di lapangan kerja serta hal yang tidak sesuai dengan SOP ketetapan perusahaan. Dari penelitian tersebut ditemukan kasus serupa sesuai dengan topik bahasan dan penulis memberikan masukan atau usulan yang dapat membantu meningkatkan mutu keselamatan kerja di tambang bawah tanah pada perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBurhamidar, Aulia HidayatUNSPECIFIED
CorrectorFadhillah, FadhillahUNSPECIFIED
CorrectorAnarta, RudyUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:12
Last Modified: 03 Aug 2023 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45506

Actions (login required)

View Item View Item