Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pemberian Tugas Observasi Lapangan Pada Mata Pelajaran PDTO Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di SMKN 1 Bukittinggi

Rahmad, Rahmad (2022) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pemberian Tugas Observasi Lapangan Pada Mata Pelajaran PDTO Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di SMKN 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_RAHMAD_17073028_7295_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar yang didapatkan oleh siswa setelah proses pembelajaran. Rendahnya hasil hasil belajar ini didasari dengan karakteristik siswa yang kurang memiliki rasa keingintahuan. Selain itu kegiatan pembelajaran yang masih terpusat pada guru dan strategi pembelajaran yang diterapkan masih sering menggunakan metode ceramah sehingga siswa cepat bosan oleh sebab itu diperlukan suatu solusi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah menerapkan strategi penyampaian pembelajaran melalui pemberian tugas observasi lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif khususnya Matadiklat Alat Ukur Mekanik. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimen. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X TKRO1 dengan jumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa (pre test dan post test) yang berbentuk soal objektif sebanyak 30 butir dengan soal yang sama antara pre test dan post test. Semua butir soal instrumen ini sebelumnya telah dilakukan uji Validitas, Reliabilitas, Indeks Kesukaran Soal, dan Daya Pembeda Soal. Sedangkan data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Chi Kuadrat, ujiT dan Gain Score. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan pemberian tugas observasi lapangan, hasil perhitungan chi kuadrat menunjukkan data berdistribusi normal yaitu x_hitung^2<x_tabel^2 atau 9,908 < 12,591 pada pre test dan 8,761 < 12,591 pada post test. Sedangkan hasil belajar siswa pada pre test sebesar 58,82 dan hasil belajar pada post test sebesar 83,62. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian tugas observasi lapangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Matadiklat Alat Ukur Mekanik di SMKN 1 Bukittinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWakinuddin, WakinuddinUNSPECIFIED
CorrectorMilana, MilanaUNSPECIFIED
CorrectorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:15
Last Modified: 03 Aug 2023 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45487

Actions (login required)

View Item View Item