Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Padang

Ramon, Willyardo Putra (2022) Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_Willyardo_Putra_Ramon_16067104_7204_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan institusi pendidikan yang harus menyediakan fasilitas belajar guna keberhasilan pembelajaran. Dan fasilitas tersebut juga harus didukung penuh oleh orang tua murid agar dapat berguna sebaiknya. Mengingat fasilitas belajar berperan penting dalam menunjang proses pembelajaran. Penggunaaan fasilitas dalam belajar harus dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Terbatasnya fasilitas tersebut membuat prestasi belajar murid akan kurang maksimal ataupun menurun. Maksud atas kajian ini ialah guna memperoleh mengenai korelasi persepsi siswa terhadap hasil belajar dan mengetahui seberapa besar hubungan presepsi siswa tentang fasilitas belajar siswa. Jenis penelitian yang dipakai pada kajian ini yaitu kuantitatif dengan model analisis kuantitatif korelasional. Adapun hasil analisis dari kajian ini yaitu nilai pearson correlation 0.285 dan r tabel sejumlah 0.235 dan r hitung > r tabel atau 0.285 > 0.235. sehingga dapat dikatakan terdapat kaitan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar dan koefisien determinan sebsar 0.068. maka diartikan besar pengaruh anatara kedua variabel sebesar 0,068 atau 6,8%. Berdasarkan perolehan hasil analisis yang dijalankan diperoleh rangkuman adanya korelasi persepsi siswa tentang fasilitas belajar dengan prestasi belajar pada mata diklat gambar teknik jurusan teknik mesin SMK negeri 1 padang dan besaran hubungan antara kedua variabel tersebut yaitu sebesar 6,8% dan selebihnya dipengaruhin oleh faktor lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRefdinal, RefdinalUNSPECIFIED
CorrectorSari, Delima YantiUNSPECIFIED
CorrectorMulianti, MuliantiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:15
Last Modified: 03 Aug 2023 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45480

Actions (login required)

View Item View Item