Hubungan Prestasi Belajar, Dukungan Sosial Orang Tua dan Ekspektasi Kerja terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin

Azhar, Alfian (2022) Hubungan Prestasi Belajar, Dukungan Sosial Orang Tua dan Ekspektasi Kerja terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_ALFIAN_AZHAR_18067032_6456_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar, dukungan sosial orang tua dan ekspektasi kerja terhadap minat melanjutkan studi S2 pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FT UNP. Penelitian ini menggunakan metode analisis korelasional untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau labeh. Variabel penelitian ini adalah minat melanjutkan studi S2, prestasi belajar, dukungan sosial orang tua dan ekspektasi kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Mesin FT UNP angkatan 2018 sebanyak 76 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah uji korelasi berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tidak terdapat hubungan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke S2; (2) terdapat hubungan positif dukungan sosial orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke S2; (3) terdapat hubungan positif ekspektasi kerja terhadap minat melanjutkan studi ke S2; (4) secara simultan terdapat hubungan positif prestasi belajar, dukungan sosial orang tua dan ekspektasi kerja terhadap minat melanjutkan studi ke S2. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,191 atau 19,1% dapat diartikan bahwa 19,1% minat melanjutkan studi ke S2 dipengaruhi oleh prestasi belajar, dukungan sosial orang tua dan ekspektasi kerja, sedangkan sisanya sebesar 79,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
CorrectorIrzal, IrzalUNSPECIFIED
CorrectorMulianti, MuliantiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:30
Last Modified: 03 Aug 2023 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45471

Actions (login required)

View Item View Item