Pengaruh Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TPL (Teknik Pengelasan) pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan SMAW (Shielded Metal Arc Welding) di SMK Negeri 2 Payakumbuh

Muhammad, Addinul (2022) Pengaruh Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TPL (Teknik Pengelasan) pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan SMAW (Shielded Metal Arc Welding) di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_ADDINUL_MUHAMMAD_18067057_6471_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah hal penting dimiliki manusia menjadi kebutuhan utama kehidupan bermasyarakat. SMK Negeri 2 Payakumbuh merupakan sekolah menengah kejuruan bertujuan menciptakan peserta didik yang baik menuju profesionalisme dalam bekerja. SMK Negeri 2 Payakumbuh memiliki beberapa program keahlian, salah satunya yaitu Teknik Pengelasan (TPL). Penelitian dilaksanakan bermaksud membuktikan pengaruh dari model belajar dihasilkan, lingkungan suasana belajar sekitar pada hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quantitative Research memakai metode korelasi dipergunakan untuk menunjukkan hubungan antara gaya dan lingkungan belajar dalam kaitannya dengan proses belajar yang dihasilkan siswa di pembelajaran Teknik Pengelasan SMAW di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Populasi penelitian berjumlah 67 peserta didik yang merupkan seluruh peserta didik kelas XI-TPL (Teknik Pengelasan) di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Sampel penelitian berjumlah 58 peserta didik kelas XI-TPL (Teknik Pengelasan) I dan II dengan teknik random sampling. Metode dipakai ialah metode kuantitatif yang bersifat korelasional dengan pengumpulan data secara instrumental berbentuk kuesioner melalu uji kevalidan dan reliabilitas dengan teknik analisis dipakai merupakan teknik pra-analisis berupa, uji linearitas, uji normalitas, dan uji multikolinearitas, sedangkan uji hipotesisi dipakai ialah teknik korelasi product momen. Menurut hasil penelitian uji korelasi tidak berdampak positif dan relevan antara gaya belajar dan lingkungan belajar sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalinus, NizwardiUNSPECIFIED
CorrectorErizon, NelviUNSPECIFIED
CorrectorRahim, BulkiaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:19
Last Modified: 03 Aug 2023 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45469

Actions (login required)

View Item View Item