Preparasi dan Karakterisasi Biosorben dari Kulit Buah Matoa (Pometia pinnata) dengan HCl Sebagai Aktivator untuk Penyerapan Ion Pb2+

Firel, Geita Yulyan (2022) Preparasi dan Karakterisasi Biosorben dari Kulit Buah Matoa (Pometia pinnata) dengan HCl Sebagai Aktivator untuk Penyerapan Ion Pb2+. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_GEITA_YULYAN_FIREL_18036052_4250_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Preparasi dan karakterisasi kulit buah matoa (Pometia pinnata ) sebagai biosorben ion Pb2+ telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini difokuskan pada preparasi dan karakterisasi dari kulit buah matoa Pometia pinnata sebagai biosorben dengan cara aktivasi kimia untuk menentukan teknis dan kondisi aktivator yang sesuai dengan kulit buah matoa yang dapat digunakan sebagai biosorben ion Pb2+. Metode yang digunakan adalah metode batch. Variabel pada penelitian ini adalah jenis dan konsentrasi aktivator dan dikarakterisasi menggunakan instrumen FTIR, AAS dan XRF. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HCl 0,5 M merupakan aktivator terbaik ditandai dengan penurunan % T dari gugus fungsi –OH, –CH dan C=O yang berperan penting dalam proses biosorpsi, memiliki kapasitas penyerapan logam Pb2+ paling baik yang di dapatkan dari hasil AAS yaitu sebesar 0,793 mg/g dengan % serapan 98,94 %, dan pada XRF adanya unsur Pb sebesar 0,193 % serta senyawa oksida PbO sebesar 0,104 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasra, EdiUNSPECIFIED
CorrectorDewata, IndangUNSPECIFIED
CorrectorNizar, Umar KalmarUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 08:17
Last Modified: 02 Aug 2023 08:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45449

Actions (login required)

View Item View Item