Deskripsi Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Senyawa Hidrokarbon di SMA Pertiwi 1 Padang

Oktania, Niken (2022) Deskripsi Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Senyawa Hidrokarbon di SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_NIKEN_OKTANIA_18035154_ 6486_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Materi senyawa hidrokarbon merupakan materi yang cukup sulit dipahami oleh siswa, karena 51,6% siswa di SMA Pertiwi 1 Padang belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Hal ini menjadi salah satu indikator bahwa siswa mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar merupakan suatu keadaaan yang mana akan membuat individu merasa kesulitan ketika akan melaksanakan kegiatan belajar, yang ditandai dengan hasil belajar yang rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian bertujuan untuk Menentukan persentase kesulitan belajar dan mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2022/2023 pada materi senyawa hidrokarbon yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrument tes diagnostik berupa tes diagnostik three-tier multiple choice yang sudah valid dan teruji reliabilitasnya. Selain itu, pada penelitian ini juga dilakukan pemberian angket untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar siswa dari faktor internal dan faktor eksternal. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar pada materi senyawa hidrokarbon di kelas XI MIPA 1 SMA Pertiwi 1 Padang berada pada kategori cukup tinggi yaitu sebesar 57,7%. Persentase kesulitan belajar paling tinggi terdapat pada indikator ke-2 yaitu mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa hidrokarbon sebesar 78,2% berada pada kategori tinggi. Faktor internal yaitu minat (79,4%), motivasi (65,7%), dan bakat (73,5%). Sedangkan faktor eksternal yaitu metode mengajar guru (77,2%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLatisma, LatismaUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorRiga, RigaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:40
Last Modified: 02 Aug 2023 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45420

Actions (login required)

View Item View Item