Praktikalitas dan Efektivitas Permainan Ular Tangga Kimia Pada Materi Asam Basa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA/MA

Lantusia, Marina (2022) Praktikalitas dan Efektivitas Permainan Ular Tangga Kimia Pada Materi Asam Basa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_Marina_Lantusia_18035089_5856_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tersedianya permainan ular tangga kimia sebagai media pembelajaran materi asam basa yang dikembangkan oleh Amalia Putri Lubis & Iswendi dan digunakan sebagai salah satu alternatif latihan yang sudah valid, namun belum dilakukan uji praktikalis dan efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat praktikalitas dan efektivitas permainan ular tangga kimia. Jenis penelitian adalah lanjutan dari penelitian pengembangan dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini merupakan pengembangan model 4-D. Objek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 (kelas kontrol) dan MIPA 2 (kelas eksperimeen) di SMAN 1 Ranah Batahan. Instrumen penelitian uji praktikalitas berupa angket dan uji efektivitas tes pretest dan posttest yang diujicobakan.Teknik analisis data penelitian adalah teknik persentase untuk kepraktisan, untuk efektivitas menggunakan uji N-Gain. Hasil analisis data praktikalitas berada pada tingkat sangat praktis, untuk efektivitas hasil analisis data menunjukkan cukup efektif, yang didukung oleh peningkatan pemahaman hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 78,6 dan 68,4 dan hasil analisis dengan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,66 berada pada tingkat cukup efektif dan kelas kontrol sebesar 0,47 berada pada tingkat kurang efektif, hasil belajar kelas eksperimen meningkatdaripada kelas kontrol thitung (2,6686) > ttabel (2,0106) pada taraf nyata α= 0,05 dengan dk=48 dan peluang t0.95. Media permainan ular tangga kimia sebagai media pembelajaran sangat praktis serta cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif kelas XI SMAN 1 Ranah Batahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
CorrectorAzra, FajriahUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, EffendiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:38
Last Modified: 02 Aug 2023 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45413

Actions (login required)

View Item View Item