Pengembangan Modul Pembelajaran Seni Rupa Berorientasi Mind Mapping pada Materi Pokok Seni Rupa untuk Kelas X SMA N 1 Painan

ulian, Randi J (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Seni Rupa Berorientasi Mind Mapping pada Materi Pokok Seni Rupa untuk Kelas X SMA N 1 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_RANDI_JULIAN_17020128_409_2023.pdf

Download (796kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran seni rupa berorientasi mind mapping yang valid dan praktis. Subjek uji coba pada penelitian ini ada dua yaitu subjek validasi yang terdiri dari 5 orang validator ahli, dan subjek uji coba skala kecil yang terdiri dari 10 orang siswa kelas X SMA N 1Painan. Pengembangan ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefenisian (define), perancangan (desingn), pengembangan( develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan saja karena keterbatasan waktu. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang mendiskripsikan validitas dan praktikalitas modul pembelajaran seni rupa berorientasi mind mapping. Berdasarkan hasil pengolahan data hasil validasi yang diperoleh dari lembar validasi yang diberikan kepada validator yaitu dengan rata-rata 90% yang dinyatakan sangat valid, dan hasil uji praktikalitas yang diberikan kepada siswa dinyatakan sangat valid dengan rata-rata 89,5% . berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan modul pembelajaran seni rupa berorintasi mind mapping telah vald dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZubaidah, ZubaidahUNSPECIFIED
CorrectorWikarya, YusronUNSPECIFIED
CorrectorAwrus, SuibUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:22
Last Modified: 02 Aug 2023 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45378

Actions (login required)

View Item View Item