Pengembangan LKS Terintegrasi Literasi Saintifik untuk Penggunaan KIT Praktikum Fisika pada Materi Getaran Harmonis Sederhana

Caesaria, Aivani (2022) Pengembangan LKS Terintegrasi Literasi Saintifik untuk Penggunaan KIT Praktikum Fisika pada Materi Getaran Harmonis Sederhana. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_AIVANI_CAESARIA_18033121_7189_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 revisi 2017 merupakan upaya pemerintah untuk mendorong siswa memiliki kemampuan literasi, keterampilan berpikir dan keterampilan abad 21. Salah satu keterampilan yang dituntut dalam kurikulum 2013 yaitu keterampilan literasi sains. Keterampilan literasi sains ini dapat diterapkan dalam LKS. Fakta yang ditemukan di lapangan didapatkan bahwa KIT Praktikum yang tersedia di SMAN 2 Payakumbuh sudah lengkap, namun bahan ajar berupa LKS masih bawaan dari KIT Praktikum dan masih bersifat umum. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah Pengembangan LKS Terintegrasi Literasi Saintifik untuk Penggunaan KIT Praktikum Fisika pada Materi Getaran Harmonis Sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kelayakan validitas terhadap LKS yang Terintegrasi Literasi Saintifik. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan sampai dengan tahapan Development yang pada setiap tahapannya dilakukan Evaluation. Objek pada penelitian adalah LKS Terintegrasi Literasi Saintifik. Sumber data diperoleh dari hasil validasi tenaga ahli oleh tiga orang dosen Fisika FMIPA UNP. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase, validasi instrumen dan produk menggunakan Aiken’S V. Hasil penelitian ini mendapatkan tiga hasil yaitu pertama berdasarkan analisis pendahuluan diperoleh permasalahan KIT praktikum yang tersedia belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga perlu dikembangkan LKS Terintegrasi Literasi Saintifik. Kedua pada tahap perancangan atau design telah didesain LKS yang Terintegrasi Literasi Saintifik. Ketiga hasil uji validitas diperoleh rata-rata 0,86 dengan kategori sangat valid. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS Terintegrasi Literasi Saintifik untuk Penggunaaan KIT Praktikum Fisika pada Materi Getaran Harmonis Sederhana sudah layak digunakan dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:00
Last Modified: 02 Aug 2023 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45373

Actions (login required)

View Item View Item