Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBLl) Tentang Materi Psikotropika Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 5 Tebo Tahun Pelajaran 2021/2022

Elvera, Nedia Gusti (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBLl) Tentang Materi Psikotropika Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 5 Tebo Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_NEDIA GUSTI ELVERA_18031153_6034_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dengan permasalahan hasil kompetensi belajar, sikap dan keterampilan peserta didik di Kelas XI SMAN 5 Tebo tidak mencapai KKM karena model pembelajaran yang diterapkan kurang bervariasi. Selain itu materi yang dianggap rumit adalah materi psikotropika karena terdiri dari banyak hafalan dan istilah yang kurang dipahami. Upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tentang materi psikotropika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kompetensi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental Research). Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen (XI MIPA 2) sebanyak 27 orang dan kelas kontrol (XI MIPA 3) sebanyak 28 orang. Pembelajaran di kelas eksperimen dilakukan dengan model pembelajaran PBL dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan yaitu soal posttest dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 butir soal. Kompetensi sikap peserta didik diukur dengan menggunakan lembar penilaian sikap, dan kompetensi keterampilan diukur dengan menggunakan lembar penilaian produk. Analisis data menggunakan uji hipotesis independent sample t-test karena data yang disajikan terdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa kompetensi pengetahuan peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (71,48) dan kelas kontrol (60,36). Hasil kompetensi sikap pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai lebih tinggi (81,64) sedangkan pada kelas kontrol (71,58). Pada kompetensi keterampilan nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi (81,25) dan pada kelas kontrol (71,43). Hasil uji hipotesis penelitian dilihat dari nilai signifikan 2-tailed <0,05 yaitu 0,004 pada kompetensi pengetahuan, 0,000 pada kompetensi sikap, dan 0,005 pada kompetensi keterampilan. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran PBL tentang materi psikotropika terhadap kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik Kelas XI SMAN 5 Tebo Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorRistiono, RistionoUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:23
Last Modified: 02 Aug 2023 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45359

Actions (login required)

View Item View Item