Komparasi Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar

Husna, Rahmiyyatul (2023) Komparasi Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RAHMIYYATUL_HUSNA_19016116_3260_2023.pdf

Download (755kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Ketiga, menganalisis komparasi antara keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif.Penelitian ini dikatakan penelitian kuantitatif karena tiga alasan berikut ini. Pertama, penelitian ini digunakan untuk meneliti populasi dan sampel tertentu, yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 160 siswa dan sampel 35 siswa. Kedua, data yang dikumpulkan dari instrumen tersebut berupa angka, yaitu skor hasil tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerita eksposisi. Ketiga, analisis data kuantitatif dengan rumus statistik, yaitu untuk menguji hipotesis. Sampel diambil dengan menggunakan teknik acak sederhana sebesar 20% dari populasi menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dan tes keterampilan menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan observasi kelas X SMA Negeri 1 X Koto, Kabupaten Tanah Datar, berada dalam kualifikasi “baik”. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi kelas X SMA Negeri 1 X Koto, Kabupaten Tanah Datar, berada dalam “kualifikasi lebih dari cukup”. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis teks laporan observasi dan teks eksposisi kelas X SMA Negeri 1 X Koto, Kabupaten Tanah Datar. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa H1 diterima karena nilai thitung lebih besar dari ttabel. Oleh karena itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua teks tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
CorrectorZulfikarni, ZulfikarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:10
Last Modified: 02 Aug 2023 01:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45358

Actions (login required)

View Item View Item