Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Tentang Materi Pembelahan Sel

Herninda, Fitrah (2022) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Tentang Materi Pembelahan Sel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Fitrah_Herninda_18031136_5734_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan Abad 21 yang harus dimiliki oleh peserta didik salah satunya keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang dapat mengevaluasi dan menganalisis informasi sehingga dapat menentukan informasi yang sebenarnya dalam menarik kesimpulan yang valid. Berpikir kritis dapat menjadikan peserta didik mampu mengembangkan ide-ide, merumuskan serta memecahkan masalah dalam membuat keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pembelahan sel di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan pada penelitian adalah peserta didik kelas XII MIPA SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel penelitian berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal dalam bentuk uraian (essay) yang telah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Pengolahan data menggunakan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data bahwa hasil analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII MIPA SMAN 1 V Koto Kampung Dalam pada materi pembelahan sel setiap indikator yaitu menganalisis argumen dengan kategori sangat rendah, merumuskan pertanyaan dengan kategori rendah, mempertimbangkan kredibilitas sumber dengan kategori sangat rendah, melakukan induksi dengan kategori sangat rendah, melakukan deduksi dengan kategori sangat rendah, membuat istilah dan definisi dengan kategori sedang, membuat dan mempertimbangkan keputusan dengan kategori sangat rendah, dan menentukan suatu tindakan dengan kategori sangat rendah. Sehingga keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII MIPA secara keseluruhan masih berada pada kualifikasi sangat rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:14
Last Modified: 02 Aug 2023 01:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45349

Actions (login required)

View Item View Item