Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 2 Padang

Aulia, Dikaruni (2022) Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Dikaruni_Aulia_16031088_ 5690_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gaya belajar adalah suatu kombinasi dari bagaimana seseorang menyerap, kemudian mengatur, serta mengolah informasi yang diterima dalam proses belajar. Terdapat tiga macam gaya belajar yaitu gaya belajar visual (belajar dengan cara melihat), auditorial ( belajar dengan cara mendengar), dan kinestetik (belajar dengan cara bergerak, bekerja, dan menyentuh). Hasil observasi yang telah dilakukan di SMAN 2 Padang pada saat proses pembelajaran di kelas, guru telah menyesuaikan metode pembelajaran dengan gaya belajar peserta didiknya. Namun, masih terdapat peserta didik yang belum memahami gaya belajarnya sendiri sehingga proses pembelajaran seringkali masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif Biologi peserta didik Kelas XI MIPA SMAN 2 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non-tes, angket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas XI MIPA SMAN 2 Padang berjumlah 192 orang. Sampel penelitian ini adalah Kelas XI MIPA 1 dan Kelas XI MIPA 4. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Pengujian keberartian korelasi dilakukan dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar kognitif Biologi peserta didik yang tidak berarti atau tidak signifikan karena terdapat faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik Kelas XI MIPA SMAN 2 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:08
Last Modified: 02 Aug 2023 01:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45346

Actions (login required)

View Item View Item