Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Ketepatan Servis Atas Atlet Bolavoli Klub Rumba Kabupaten Agam

Ariesky, Muhammad Rayhan (2022) Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Ketepatan Servis Atas Atlet Bolavoli Klub Rumba Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_MUHAMMAD_RAYHAN_ARIESKY_17087034_3441.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurang maksimalnya servis atas atlet Bolavoli Klub Rumba Kabupaten Agam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi daya ledak otot lengan dan koordinasi mata tangan terhadap ketepatan servis atlet Bolavoli Klub Rumba Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan desember 2021 di lapangan Bolavoli Klub Rumba Kabupaten Agam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet yang tergabung dalam klub bolavoli rumba kabupaten agam yang berjumlah 15 orang atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 orang sampel. Instrumentasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) dayaledak otot lengan menggunakan one hand medicine ball put, 2) koordinasi mata tangan menggunakan tes lempar tangkap bola, dan 3) ketepatan servis menggunakan tes ketepatan servis Bolavoli. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik korelasi sederhana dan korelasi berganda yang dilanjutkan dengan analisis uji determinasi untuk menentukan seberapa besar sumbangan masing-masing variabel. Hasil penelitian ini adalah: 1) Daya ledak otot lengan memberikan kontribusi terhadap ketepatan servis Atlet Bolavoli Klub Rumba Kabupaten Agam sebesar 39,41%, 2) Koordinasi mata-tangan memberikan kontribusi terhadap ketepatan servis Atlet Bolavoli Klub Rumba Kabupaten Agam sebesar 40,59%, dan 3) Daya ledak otot lengan dan koordinasi mata-tangan secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap ketepatan servis Atlet Bolavoli Klub Rumba Kabupaten Agam sebesar 49,16%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYendrizal, YendrizalUNSPECIFIED
CorrectorHermanzoni, HermanzoniUNSPECIFIED
CorrectorSari, Desi PurnamaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Daya Ledak Otot Daya Ledak Otot Lengan Koordinasi Mata Tangan Ketepatan Servis Atas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:38
Last Modified: 01 Aug 2023 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45335

Actions (login required)

View Item View Item